Admin

Admin

PANGKEP — Kementerian sosial (Kemensos) RI menyalurkan bantuan kepada disabilitas Untuki Daerah Pangkep.

Serah terima bantuan secara simbolis di kantor dinas sosial Pangkep, Minggu (7/11/21).

Penyaluran bantuan melalui balai disabilitas Wirajaya, Makassar.

Kepala balai disabilitas Wirajaya, Andi Surya Kaso, menyampaikan, sebelum bantuan disalurkan sebelumnya telah dilakukan sejumlah tahapan.

Dengan bantuan ini, diharapkan menjadi motivasi agar disabilitas berupaya meningkatkan kualitas hidup.

“Sehingga nanti tidak lagi bergantung kepada orang lain karena kemandirian mereka,”katanya.

Bantuan yang diserahkan, berdasarkan hasil assesmen konfrenship sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

“Modal usaha untuk jualan campuran, ternak ayam, ternak bebek dan pertanian bawang,”tambahnya.

Kepala dinas sosial Pangkep, Hj Najemiah menyampaikan, disabilitas yang mendapat bantuan sebanyak 18 penerima. (Mcpangkajene)

Pangkep – Pemerintah Kabupaten Pangkep mulai mendistribusi bantuan Sembako ke sejumlah rumah warga yang terdampak Banjir, Selasa (7/12) malam.

Bantuan sembako tersebut disalurkan melalui tim BPBD Pangkep dan yang lainnya.

Adapun bantuan ini berupa, mie instan, telur, popok bayi, dan beras.

Pemerintah Kabupaten Pangkep juga menyediakan dapur umum di area Islamic Center Pangkep.

Selain Pemkab Pangkep, beberapa komunitas sosial seperti I Am Center, juga turut serta menyediakan bantuan makanan siap saji dan mulai didistribusikan malam ini ke sejumlah rumah warga yang terdampak banjir.

Sebelumnya, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) meninjau titik banjir tergenang yang terjadi di Kabupaten Pangkep sejak kemarin dan hari ini, Selasa, 7 Desember 2021.

MYL bersama rombongan Wakil Bupati Pangkep  Syahban Sammana dan Dandim 1421 Pangkep dan pihak kepolisian menerobos genangan air yang sudah setinggi lutut orang dewasa. Selain itu MYL juga menemui warga yang terdampak.

“Tadi saya meninjau langsung melihat kondisi banjir dan genangan di sejumlah titik yang terjadi di Kabupaten Pangkep,” kata MYL.

Lanjutkan dikatakan, dirinya telah menginstruksi kepada tim BPBD dan gabungan agar tetap mantau perkembangan yang terjadi.

“Tadi saya juga memantau posko darurat dan tim, memastikan agar kebutuhan dan segala macamnya, tersedia,” ujarnya.

Dia juga berharap, agar masyarakat bahu-membahu bersama tim dan pemerintah menghadapi musibah yang terjadi.

Diketahui curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pangkep sejak kemarin, Senin, 6 Desember 2021 hingga hari ini. (Mcpangkajene)

Pangkep – Pemerintah kabupaten Pangkep kerjasama dengan Majelis Daerah Korps Alumnis Himpinan Mahasiswa Islam (MD KAHMI), menggelar bakti sosial(Baksos) operasi bibir sumbing dan lelangit.

Operasi Baksos operasi bibir sumbing dan lelangit oleh MD KAHMI dipusatkan di rumah sakit Batara Siang (RSBS) Pangkep, Senin (13/12).

Ketua MD KAHMI Pangkep, Syahban Sammana menyampaikan, untuk operasi bibir sumbing dan lelangit ini diikuti sembilan orang pasien.

Satu dari sembilan itu, berasal dari wilayah kepualauan Pangkep.

Ditambahkan wakil bupati Pangkep itu, seluruh biaya dan kebutuhan pasien ditanggung oleh Pemda Pangkep dan MD KAHMI.

Pelaksanaan baksos operasi bibir sumbing dan lelangit dipantau langsung oleh bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL).

Bupati MYL menyampaikan apresiasi kepada MD KAHMI dan tim dokter yang memilih Pangkep untuk pelaksnaan baksos ini.

Ditambahkan MYL, operasi ini tentu sangat membantu masyarakat Pangkep.

Selain giat ini, mantan ketua DPRD Pangkep itu juga berharap ada kegiatan lain yang digelar.

“Pemkab Pangkep menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KAHMI atas terselemggaranya giat ini. Semoga ada lagi kegiatan lain yang digelar,”ucapnya.

“Pemkab Pangkep terbuka bagi organisasi manapun untuk kita bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”tambahnya.

Kehadiran Bupati MYL di RSBS turut didampingi kepala dinas kesehatan Herlina, kepala dinas sosial Hj Najemiah dan direktur RSBS dr Annas Ahmad.

Keluarga pasien pun mendapat bantuan bahan makanan yang diserahkan oleh dinas sosial.

Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas drg. A.Tajrin, (K), mewakili tim operasi bibir sumbing ini menyampaikan,
Baksos ini kerja sama Pemkab Pangkep, Yayasan Celebes Club Center, persatuan ahli bedah mulut cabang Sulsel, FKG dan KAHMI.

Operasi bibir sumbing ini, rangkaian dari baksos di pulau Sabutung yang diperakarsai oleh MD KAHMI Pangkep dan MD KAHMI Makassar.

Lanjutnya, dari awal ada 12 pasien yang mendaftar. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan hanya sembilan yang bisa untuk operasi.

“Memang, untuk operasi bibir sumbing ini kita harus lakukan screening yang betul-betul aman untuk pasien,”ucapnya.

Ia menyampaikan, operasi ini berjalan lancar berkat dukungan oleh pemkab Pangkep, MD KAHMI, RS Batara Siang, PT Semen Tonasa.

“Ini yang harus dicontoh oleh daerah lain, sehingga kolaborasi untuk bermanfaat kepada masyarakat bisa terjadi,”tambahnya.

Dalam operasi ini, melibatkan enam orang spesialis bedah mulut, dua orang spesialis anatesi dari Makassar dan RSBS, penata anastesi dari Makassar dan RS serta tim medis RSBS.

Direktur RSBS, dr Annas Ahmad mengatakan, dalam giat operasi ini RSBS bukan hanya mendukung dalam segi sarana dan prasarana, akan tetapi dokter dan tenaga medis juga terlibat langsung.

“Jadi, dalam operasi bibir sumbing ini kita berkolaborasi. Alhamdulillah berjalan sukses. Kita upayakan akan melaksanakan operasi tahap dua untuk mengakomodir mereka yang belum dioperasi,”katanya. (Mcpangkajene)

PANGKEP – Pemerintah kabupaten Pangkep kerjasama dengan tim penggerak PKK melaksanakan sosialisasi penanganan dan pencegahan stunting dan gizi buruk.

Sosialisasi berlangsung di ruang rapat lantai 3 kantor bupati Pangkep, Rabu (15/12/21).

Wakil ketua pokja 4 TP PKK Pangkep Endang Hartiningsi mengatakan, peserta sosialisasi terdiri dari kader dari 10 Posyandu, bidan Puskesmas, petugas gizi Puskesmas, dokter ahli anak, IBI dan ketua TP PKK desa /lurah yang menjadi locus penanganan stunting.

Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada kader, sekaligus untuk meningkatkan keterampilan kader untuk menentukan stunting dan cara pencegahaannya.

“Kita harapkan, dengan sosialisasi ini adanya peningkatan wawasan dan keterampilan kader. Kita juga harapkan kerjasama semua leading sektor untuk menurunkan angka stunting dan memenuhi target zero stunting tahun 2026,”jelasnya.

Pembicara dari ikatan dokter anak Indonesia(IDAI) Cabang Sulsel, Dr.dr. Ema Alasiry menjelaskan, PKK kerjasama dengan IDAI memang menggalakkan pelatihan bagi para kader.

Pelatihan diberikan untuk memberikan pemahaman tentang stunting.

Ia menerangkan, stunting bukan hanya pendek tubuh anak. Akan tetapi, itu menjadi pintu masuk.

“Stunting bukan hanya pendek, tapi didasari mallnutrisi kronik. Berat badan perumurnya terganggu. Jadi, anak stunting itu berat badan perumurnya dibawah minus dua standar deviasi dan dan panjang badan perumurnya dibawah minus dua standar deviasi,”jelasnya.

Pencegahan stunting dan gizi buruk katanya, memelurkan proses yang panjang.

Mulai dari usia remaja khususnya remaja wanita. Masa usia subur, saat hamil semua harus sehat jasmani dan rohani. Terpenuhi gizi, protein dan kalori.

“Begitupun setelah bayi lahir, harus dikawal 1000 hari kehidupan,”imbuhnya. (Mcpangkajene)

Pangkep – Vaksin massal dan bakti sosial yang dirangkaikan peringatan hari Ibu dan hari ulang tahun Dharma wanita di Puskesmas pundata Baji, yang berslogan “Vaksin aman dan halal, Tidak vaksin tidak keren, Sehat selalu, Siniki yang belum vaksin. Sehat selalu tuo malampe sengera,” dilaksanakan di Pundata Baji kecamatan Labakkang, Pangkep (21/11/2021).

Ikut terlibat dan koordinasi langsung dalam penanganan pelaksanaan vaksinasi ini, Kadis Kesehatan Kabupaten Pangkep Hj. Herlina, Camat Labakkang H. Abd. Haris, Kapolsek Labakkang Junardi, Danramil Labakkang Samsul Saenuddin, Kepala Puskesmas Labakkang Sumarni, Lurah Pundata Baji Muh. Nasir.

Program vaksinasi sempat mendapat kunjungan penyemangat dan menyerahkan beberapa paket bantuan dari ibu Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Nurlita Wulan Purnama Muhadu didampingi para Isteri Forkopimda, Isteri Pimpinan OPD, IWAPI bersama rombongan beserta jajaran dan lainnya.

Menurut Lurah Pundata Baji Muh Nasir atau lebih dikenal dengan sapaan Anggi sebagai tuan rumah mengatakan bahwa sukses dari pelaksanaan vaksinasi tingkat kabupaten yang dipusatkan di kelurahan Pundata Baji ini berkat kerjasama yang baik dari seluruh jajaran pemerintahan di tingkat kecamatan dan dinas terkait hingga tingkat kabupaten serta kesadaran masyarakat yang sudah semakin tinggi antusias masyarakat untuk datang mengikuti vaksin.

Sementara menurut Camat labakkang H Abd. Haris bahwa kalau kita melihat masyarakat sudah antusias untuk mengikuti vaksin khususnya yang ada di wilayah Puskesmas ini, kita sudah siapkan dari kemarin untuk pasien, disamping juga memang merupakan hari Ibu dan ulang tahun dharma wanita, hingga begitu ramai.

Sejak tadi pagi meskipun hujan lebat namun pendaftar sudah 500 untuk mengikuti vaksin pertama dan kedua, semangat warga ini karena dari pihak pemerintah Kecamatan, Puskesmas, Polsek, Koramil dan yang lain kami saling bantu siapkam sedikit sembako untuk warga yang sudah vaksin.

“Olehnya itu kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat,  kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Ucap Camat Labakkang ini.”

Ketua TP PKK Nurlita Wulan Purnama Muhadu, mengatakan bahwa program vaksinasi yang sementara berlangsung di desa Pundata Baji ini adalah merupakan program pemerintah yang menjadi tanggung jawab kita semua untuk mensukseskan demi meningkatkan imun dan kesehatan masyarakat untuk antisipasi covid-19.

Kebetulan hari ini, kita juga dalam rangkaian hari Ibu dan ulang tahun dharma wanita dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang masih akan kami kunjungi untuk berbagi ke panti asuhan setelah kegitan ini. Tutupnya. (Mcpangkajene)

PANGKEP.KAB -- Dinas Sosial Pangkep kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Disdukcapil) Pangkep melakukan pengelolaan data fakir miskin cakupan Pangkep.

Kegiatan berlangsung di lantai gedung Setda Pangkep, Rabu (7/7/21).

Kepala dinas sosial Pangkep, Hj Najemiah menjelaskan, kegiatan ini pengelolaan data fakir miskin yang tidak valid.

Kegiatan ini, selain dihadiri Disdukcapil, juga diikuti operator SIKS-NG, PKH dan TKSK.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada 43 ribu data yang harus divalidkan.

"Ada beberapa penyebab sehingga data itu tidak padan, ada karena masalah NIK, nama yang sama dan juga orang yang telah meninggal tapi mama tetap ada,"jelasnya.

"Data yang tidak valid itulah, yang kita kerjasamakan dengan Disdukcapil. Kita sinkronkan data Kemensos dengan data Disdukcapil,"tambahnya.

Senada dengan itu, Plt kepala Disdukcapil Ahmad Dian mengatakan, kita ini bertujuan guna mempadankan data yang belum akurat.

Disdukcapil katanya, akan selalu mendukung langkah penyajian satu data. (Mcpangkajene)

Page 1 of 5

 

 Alamat  :  Jl. Sultan Hasanuddin No.7

                 (Kompleks Kantor Bupati Pangkep )

 Email     :  [email protected]

 

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree